Diberdayakan oleh Blogger.

Tips Sehat Bagi Pekerja Shift Malam

Tips Sehat Bagi Pekerja  Shift Malam

Tips-Simple - Tidak semua orang melakukan pekerjaannya di siang hari. Sebagian mereka mesti mencari nafkah pada shift malam agar operasional perusahaan tetap berjalan. Namun, orang-orang malam ini justru ditempatkan pada posisi yang rentan mengalami masalah kesehatan. Pasalnya mereka akan kehilangan sebagian jam tidurnya bahkan berisiko tinggi mengalami diabetes tipe 2 dalam jangka panjang.

Kondisi fisik pekerja malam harus selalu mendapat perhatian ekstra. Minimal mereka dituntut untuk terus bugar dan sehat sepanjang waktu. Dikutip dari Boldsky.


Ada beberapa tips sehat bagi para pekerja malam:


Mengonsumsi makanan sehat.


Sertakan dalam menu makan Anda berbagai sayuran dan buah-buahan. Contohnya mengonsumsi bayam, brokoli, apel, dan sebagainya yang memiliki banyak nutrisi termasuk antioksidan.

Hindari mengonsumsi kafein.


Kafein bisa membuat Anda terjaga dan sulit mengantuk. Sebaiknya Anda tidak minum kopi lebih dari secangkir saat bekerja shift malam. Tujuannya agar Anda bisa tidur keesokan hari.

Minum air dengan cukup.


Semakin Anda mencukupi kebutuhan air maka akan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Anda juga selalu terhidrasi dan tidak mudah lelah. Bekerja di malam hari. Bekerja di malam hari bisa memboroskan pemakaian energi dan air.

Jauhi makanan berminyak.


Makanan ini bisa memperlambat proses pencernaan dan menimbulkan kelelahan . Makanan berminyak juga meningkatkan kalori dan kolesterol jahat dalam tubuh.

Lakukan jalan kaki atau aktif secara fisik.


Berjalan-jalan  dan menggerakkan  badan bisa menyegarkan tubuh tubuh. Bila ada kesempatan, tidur sejenak bisa menenangkan mata dan pikiran Anda saat bekerja di malam hari.

Ambil camilan sehat.


Makan cemilan dalam jumlah kecil bisa memberikan energi ekstra. Tetapi tetap pilih jenis camilan bergizi.

Kontrol konsumsi gula.


Biasanya kerja malam hari mendorong seseorang ingin minum sesuatu yang manis dan hangat. Sebaiknya Anda jauhi kebiasaan ini agar terhindar dari risiko diabetes.

Hindari mengonsumsi minuman energi atau soda.


Biasanya kedua minuman tersebut memiliki kadar gula dan kafein yang tinggi.

Lakukan tidur siang ketika tidak bekerja.



Tidur siang akan menggantikan kebutuhan jam tidur Anda yang hilang.
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Tips Sehat Bagi Pekerja Shift Malam"

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top