Diberdayakan oleh Blogger.

Tips Simple Meningkatkan Kinerja Otak

Tips Simple Meningkatkan Kinerja Otak

Tips-Simple - Otak adalah mesin ingatan yang berada dalam tubuh. Otak bekerja seperti halnya mesin pencari pada google. Saat kita memasukkan keyword (kata kunci), otak akan bekerja mengambil semua memori / informasi yang berkaitan untuk ditampilkan dan kemudian dipilih untuk di “eksekusi”.

Namun, Otak bukanlah sebuah mesin yang setiap saat bisa digunakan secara optimal. Otak memerlukan perawatan agar “tidak berkarat” dan mampu bekerja secara maksimal.

Beberapa Tips sederhana untuk meningkatkan kinerja otak :



Perbanyak Konsumsi Air


Otak tersusun dari 80% air. Apabila  asupan air kurang, maka otak akan mengalami dehidrasi. Sebab sedikit saja dehidrasi akan meningkatkan hormon stress. Dengan memperbanyak konsumsi air putih akan membuat kinerja otak terjaga dari dehidrasi.

Pola Makan Yang Tepat


Makanan tidak hanya nutrisi untuk tubuh, namun juga untuk otak. Menjaga pola makan yang tepat akan berpengaruh pada kemampuan otak. Biasakan sarapan rendah lemak pada pagi hari, kemudian mengkonsumsi makanan kaya protein di siang hari dan mengkonsumsi makanan kaya karbohidrat di malam hari.

Olahraga Secara Teratur


Berolahraga mampu mencegah penurunan fungsi otak. Sebab dengan berolahraga otak akan mendapat banyak pasokan oksigen. Usahakan berolahraga secara teratur. Bila anda sibuk, cukup berjalan kaki 3 kali seminggu selama 50 menit.

Bermain Teka-Teki


Cara melatih otak secara sederhana adalah dengan bermain teka-teki seperti teka-teki silang, puzzle, sudoku dan permainan logika. Melakukan permainan asah otak akan melatih otak untuk mengasah kinerjanya agar semakin optimal.

Mendengarkan Musik


Musik tidak hanya membuat pendengarnya merasa nyaman dan rileks, namun musik juga mampu merangsang pertumbuhan otak.

Tertawa


Selain membuat perasaan menjadi tenang, tertawa juga menstimulasi kedua sisi otak pada saat bersamaan. Oleh karena itu, pastikan anda tertawa setiap harinya.
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Tips Simple Meningkatkan Kinerja Otak"

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top