Diberdayakan oleh Blogger.

Tips Simple Mencegah Penyakit Kusta dengan Menjaga Kebersihan

Tips Simple Mencegah Penyakit Kusta dengan Menjaga Kebersihan

Tips-Simple - Mendengar Penyakit Kusta atau Lepra respon utama yang terbersit di benak anda umumnya adalah menghindari, takut tertular, merasa jijik, dan najis. Bahkan sebagian masyarakat menganggap Kusta atau Lepra sebagai penyakit keturunan dan kutukan. Tidak demikian halnya, karena  Kusta merupakan penyakit yang diakibatkan oleh kuman Mycobacterium leprae (M.leprae) dan bisa disembuhkan.

Kuman ini adalah kuman aerob, berbentuk batang dengan ukuran 1-8 µ, lebar 0,2 – 0,5 µ, sifatnya tahan asam sehingga tidak mudah untuk diwarnai. M.leprae biasanya berkelompok dan ada pula yang tersebar satu-satu di bagian tubuh. Kuman ini hidup dalam sel terutama jaringan yang bersuhu dingin. Kuman ini tidak dapat dikultur dalam media buatan. ”Karena itulah kuman Kusta kerap kali bersarang di saluran pernafasan atau hidung, jika ia bersin dan di depannya ada seseorang, maka orang tersebut bisa tertular,” terang Kepala Puskesmas Pegirian, dr. Hengky TK.

Ia pun menjelaskan,  masa belah diri kuman Kusta memerlukan waktu yang sangat lama dibandingkan dengan kuman lain, yakni 12-21 hari. Sehingga masa tunas pun menjadi lama sekitar 2-5 tahun. Biasanya kuman Kusta ini pertama kali menyerang saraf tepi, yang selanjutnya dapat menyerang kulit, mukosa mulut, saluran pernafasan bagian atas, sistem retikuloendotelial, mata, otot, tulang dan juga testis, kecuali susunan saraf pusat.

Kusta yang merupakan penyakit menahun dalam jangka panjang dapat menyebabkan anggota tubuh penderita tidak dapat berfungsi sebagaimana mestinya. ”Penderita yang sudah mengalami kecacatan akan dibawa seumur hidupnya karena sudah tidak bisa disembuhkan,” terang bapak satu anak itu.

Lanjut ia katakan bahwa penderita Kusta kebanyakan dari masyarakat ekonomi menengah ke bawah yang kurang memahami pentingnya dari kebersihan lingkungan. Karena kebersihan lingkungan menjadi faktor lain penyebab Kusta. Selain kuman, Ia menambahkan bahwa terlebih bagi mereka yang tinggal di daerah kumuh dan terbatas akan fasilitas air bersih. Sehingga, setelah kita mengetahui faktor penyebab Kusta, maka anggapan masyarakat bahwa Kusta adalah penyakit kutukan Tuhan dan penyakit keturunan adalah salah.

Oleh karena itu, untuk menghindari Kusta salah satunya menjaga kebersihan. Dengan memperhatikan kebersihan sehari-hari, membersihkan bak mandi setiap dua hari sekali, mencuci pakaian setiap habis dipakai dalam satu hari, pastikan rumah dan lingkungan sekitar anda bersih jauh dari risiko kuman bersarang. Sesering mungkin anda mencuci tangan pakai sabun karena tangan merupakan tempat berpindahnya kuman.

Selanjutnya perhatikan jika anda bergaul dengan seseorang, karena Kusta dalam jangka panjang dan lama, maka kuman bisa berpindah. Jika anda melihat tanda-tanda yang dimiliki oleh penderita Kusta hendaknya anda memberi tahu untuk segera diobati. Jelaskan bahwa Kusta bisa diobati dan bisa sembuh, kecuali jika sudah terjadi kecacatan tidak bisa diobati.

Setiap hari pastikan anda menjaga daya tahan tubuh anda. ”Secara alami kuman Kusta tidak gampang kerasan sama kondisi tubuh seseorang, jika kondisinya tidak bersih dan daya tahan tidak kebal maka kuman itu betah bersarang di tubuh orang tersebut,” paparnya.

Sedia payung sebelum hujan, sebelum terkena penyakit tersebut hendaknya kita menjauhi sejauh mungkin penyebab menularnya penyakit tersebut. Hal itu lebih baik dari pada mengobati.
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Tips Simple Mencegah Penyakit Kusta dengan Menjaga Kebersihan"

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top