Diberdayakan oleh Blogger.

Tips Simple Menghadapi Wawancara Kerja

Tips Simple Menghadapi Wawancara Kerja

Tips-Simple - Salah satu momok yang sangat menakutkan bagi pelamar kerja yang telah lulus dalam tahap Tes Psikotes adalah Wawancara Kerja atau sering kita dengar dengan sebutan Interwiew Kerja. Dalam tahap wawancara, biasanya wawancara kerja atau interview ini terdiri dari dua tahap wawancara, yaitu wawancara kerja HRD dan wawancara kerja User.

Salah satu penyebab tidak lulusnya interview kerja adalah tidak atau kurangnya persiapan. Sehingga ketika wawancara kerja berlangsung, peserta akan merasa gugup dalam menjawab setiap pertanyaan yang di lontarkan oleh interviewer atau si pewancara.

Oleh sebab itu, saya ingin sekali berbagi tips wawancara kerja kepada para sahabat dengan harapan setelah anda membaca Tips interview kerja ini, anda dapat lulus wawancara kerja hingga tahap akhir proses seleksi penerimaan karyawan baru dan anda dapat bekerja di perusahaan yang diinginkan.

Berikut ini merupakan tips wawancara kerja serta persiapan apa saja yang harus anda lakukan sebelum wawancara kerja atau interview kerja berlangsung.


Survey Lokasi Wawancara Kerja


Sempatkan diri anda untuk survey atau mengecek lokasi interview. Hal ini dilakukan agar keesokan harinya anda tidak sibuk atau kebingunagn mencari lokasi wawancara kerja. Namun hal ini tidak perlu dilakukan jika anda telah mengetahui lokasi wawancara kerja.

Datanglah Lebih Awal


Datanglah 10 menit atau lebih awal dari jadwal wawancara yang telah ditentukan. Hal ini dilakukan agar anda dapat Merileks-an diri, sehingga anda tidak tergopoh-gopoh yang menyebabkan berkeringat dan gugup saat melakukan wawancara.

Baca Juga Artikel : Tips Menjawab Pertanyaan Susah Saat Wawancara Kerja

Siapkan Jawaban Atas Pertanyaan Wawancara Kerja


Hal ini perlu anda lakukan, dengan anda melakukan persiapan ini, kepercayaan diri anda akan bertambah, sehingga tidak membuat anda khawatir lagi untuk tidak dapat menjawab pertanyaan dari interviewer.

Berpakaianlah yang Rapi dan Formil


Anda dapat berpakaian dengan kemampuan financial anda. Untuk pria pakailah pakaian kameja lengan panjang dengan warna cerah namun tidak norak atau mencolok. Hal ini memiliki penilaian psikologis oleh si pewancara. Normalnya pakaian yang dipakai untuk wawancara kerja adalah kemeja putih dan celana panjang warna hitam dengan bahan keper. Untuk wanita, pakailah pakaian yang menunjukan anda seorang pekerja, dan jangan ber make-up terlalu tebal, ber make-up lah sewajarnya.

Awali dan akhiri wawancara dengan Sapaan dan Jabat Tangan


Ketuklah pintu sebelum anda masuk kedalam ruangan si pewawancara, kemudian ulurkan tangan anda lebih awal untuk berjabat tangan sambil mengucapkan sapaan hangat. Hal ini dilakukan agar pewawancara memberi kesan positif bahwa anda adalah orang yang smart dan ramah serta percaya diri.

Hal yang terakhir yang harus anda lakukan adalah, setelah anda selesai di wawancarai ucapkan terima kasih dan jabat tangan dengan interviewer sembari memberikan senyuman ramah.

Di atas adalah beberapa tips wawancara kerja yang sering dilakukan, semoga anda lulus wawancara kerja atau setelah melakukan tips wawancara kerja ini.
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Tips Simple Menghadapi Wawancara Kerja"

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top