Diberdayakan oleh Blogger.

Tips Simple dalam Menjawab Wawancara Kerja

Tips Simple dalam Menjawab Wawancara Kerja

Tips Simple - Panggilan wawancara kerja tentu akan menjadi kabar menggembirakan bagi Anda sebagai pelamar kerja. Namun, kabar yang menggembirakan tersebut jangan sampai membuat kita lengah. Wawancara kerja masih merupakan proses awal yang harus dilalui dengan baik. Anda harus menyiapkan diri, ilmu tentang pekerjaan yang dilamar, dan melatih skill berkomunikasi.

Berikut adalah tips-tips yang mampu membuat Anda terlihat cerdas dalam menjawab wawancara kerja.


Berpikir sebelum menjawab.


Tidak ada salahnya Anda terdiam sesaat untuk memutuskan jawaban terbaik. Anda lebih baik menunggu pertanyaan sampai selesai atau mengklarifikasi pertanyaan bila Anda memang merasa kurang jelas. Dengan demikian, Anda dapat semakin memahami pertanyaan dan mampu menjawabnya dengan tepat.

Komunikasi nonverbal.


Anda sebaiknya memperhatikan komunikasi nonverbal, karena hal ini mempengaruhi penilaian pewawancara terhadap Anda. Contoh komunikasi nonverbal yang baik adalah menatap mata lawan bicara, tidak menggaruk-garuk kepala, dan tidak menyilangkan tangan.

Berpedoman pada resume dan CV.


Dalam menjawab pertanyaan yang berkaitan dengan keterangan diri, Anda bisa berpedoman pada resume dan CV Anda sendiri. Jawablah dengan jujur dan tidak berlebihan. Hal ini dapat menegaskan kejujuran dan konsistensi Anda dalam menjawab.

Menggali informasi tentang perusahaan.


Pewawancara sering menanyakan wawasan Anda mengenai perusahaan terkait. Jika Anda sudah menggali informasi sebelumnya, tentu Anda tidak akan mengalami kesulitan untuk menjawab.

Ucapkan jawaban dengan jelas.


Percuma Anda menguraikan jawaban yang sempurna bila Anda tidak mengucapkannya dengan jelas. Berusahalah untuk tetap tenang dalam menjawab pertanyaan, agar setiap kata Anda terdengar jelas oleh pewawancara. Selain itu, Anda sebaiknya juga menghindari kata-kata yang tidak baku.

Menjaga emosi.


Pewawancara sering menanyakan pendapat Anda tentang tempat kerja Anda sebelumnya. Hadapi pertanyaan tersebut dengan tenang dan jangan menjelek-jelekkan tempat kerja Anda sebelumnya.

Visi dan misi dalam lima tahun mendatang.


Pihak perusahaan tentu ingin tahu visi dan misi dari setiap calon karyawannya. Oleh karena itu, jelaskan apa yang akan Anda kembangkan dan apa yang ingin Anda raih dalam jangka panjang di perusahaan terkait.

Cerdas dalam menjawab pertanyaan wawancara bisa benar-benar mengantarkan Anda ke posisi kerja yang Anda idamkan. Anda pun memiliki tanggung jawab baru untuk mempertahankan posisi kerja Anda. Pertahankanlah mulai dari hal yang sederhana, seperti mampu mengelola waktu bekerja demi hasil kerja yang lebih baik.
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Tips Simple dalam Menjawab Wawancara Kerja"

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top